Kamis, 15 Maret 2012

MODERNISASI DAN GLOBALISASI

Tugas pertama.
15 Maret 2012

A.    Pengertian Modernisasi
Dalam kamus besar Bahasa Indonesia, modernisasi adalah proses pergeseran sikap dan mentalisasi warga mayarakat untuk bias hidup sesuai dengan tuntunan masa kini. Dalam kehidupan bersama sudah menjadi tuntunan dari manusia untuk menjalani hidup di masyarakat secara mudah . Untuk itu, modernisai itu mau atau tidak mau harus dijalanidan diciptakan oleh manusia itu sendiri. Ada beberapa contoh pengertian modernisasi yang diciptakan oleh manusia itu sendiri. Ada beberapa contoh pengertian modernisasi yang dikemukakan oleh para ahli, seperti berikut ini:
1.      J.W Schoorl
Gejala modernisasi tidak bias didefinisikan hanya dalam sebuah kalimat saja, melainkan harus mengetahui beberapa aspeknya,antara lain:
a.       Aspek ekonomi, gejala modernisasi dapat dilihat dari tumbuhnya kompleks indrustri secara besar-besaran yang mengadakan produksi barang-barang sarana produksi secara massa.
b.      Aspek sosial, gejala modernisasi dapat dilihat dari tumbuhnya kelompok-kelompok baru dengan posisi dan ekonomi untuk mencapai kepentingan bersama.
c.       Aspek politik, gejala modernisasi dalam satu Negara yang berhubungan dengan system kekuasaan dan wewenang dari pusat.
d.      Aspek budaya, gejala modernisasi dapat dilihat dalam bentuk perubahan masyarakat yang semula menganut system kepercayaan dan pandangan mistis menjadi rasional.
Kesimpulannyua bahwa modernisasi adalah suatu proses penerapan pengetahuan rasioanal dan ilmiah terhadap semua aktivitas dan segenap aspek kehidupan.
2.      Soerjono Soekanto
Modernisasi adalah suatu bentuk perubahan sosial (social change) yang bersifat terarah (directed) dan didasarkan pada suatu perencanaan sosial (social planning).
3.      Widjojo Nitisastro.
Modernisasi mencakup transformasdi total dari kehidupan bersama yang bersifat tradisional atau pra modern dalam arti teknologi ke rah pola-pola ekonomi dan politis.
4.      Koetjaraningrat
Modernisasi adalah usaha untuk hidup sesuai dengan zaman dan konsentrasi dunia sekarang.
v  Syarat atau criteria modernisasi menurut Soeryono Soekanto
Modernisasi dapat juga diartikan sebgaai proses perubahan yang terarah dan terencana dari masyarakat tradisional menuju bentuk masyarakat modern yang meliputi seluruh aspek kehidupan. Dalam proses perubahan ini manusia mempunyai peranan penting. Manusia sebagai pelaku utama dalam proses perubahan itu. Agar modernisasi dapat terlaksana, harus memenuhi beberapa syarat yang harus dipenuhi.
1.      Adanya system pendidikan dan pengajaran yang terencana dengan baik. Hal ini karena akan menghasilkan individu-individu yang menerapkan pola piker secara ilmiah (scientific thingking).
2.      Adanya system administrasi Negara yang baik sebagai perwujudan pelaksanaan birokrasi yang professional.
3.      Dilakukan penelitian yang berkesinambungan untuk memperoleh data yang baik dan teratur, terpusat, pada suatu lembaga atau badan tertentu.
4.      Menciptakan iklim yang kondusif dari masyarakat untuk mendukung modernisasi melalui penggunaan media komunikasi massa yang efektif. Hal ini harus dilakukan secara hati-hati dengan mempertahankan pola kepercayaan yang di anut masyarakat.
5.      Penerapan sikap masyarakat disiplin dalam berorganisasi yang dapat mengakibatkan berkurangnya kemerdekaan atau kebebasan individu.
6.      Adanya sentralisasi wewenang dalam perencanaan sosial. Hal ini ditunjukan untuk menghindari pengaruh luar terhadap perencanaan yang telah disusun.
v  Pelaksanaan Modernisasi di Indonesia
1.      Modernisasi di Indonesia
Seperti telah dikemukakan di muka, modernisasi sebenarnya merupakan sebuah tuntutan. Begitu juga modernisasi di Indonesia, sebagai suatu Negara berkembang. Indonesia berusaha untuk mengejar ketinggalannya dari Negara-negara maju. Untuk itu, Indonesia melakukan pembangunan di segala bidang sebagai upaya mewujudkan modernisasi . namun demikian, modernisasi dilakukan oleh Indonesia itu berjalan dengn pasang surut. Hal ini karena modernisasi dapat berjalan dengan keadaan suatu Negara itu kondusif. Hal ini karena modernisasi dapat berjalan dengan lancer, jika didukung dengan kondisi yang stabil. Dengan kata lain modernisasi dapat tumbuh jika keadaan suatu Negara kondusif. Hal ini, sudah terbukti dari fase-fase modernisasi di Indonesia yang sampai saat ini dapat dibagi dalam tiga kondusif sebagai berikut:
a.       Fase Orde Lama
b.      Fase Orde Baru
c.       Fase Reformasi
Pasang surutnya pelaksanaan modernisaasi di Indonesia di pengaruhi oleh beberapa faktor. Adapun faktor – faktor yang mempengaruhi modernisasi sebagai berikut :
1.      Sumber daya alam yang tersedia
2.      Sumber daya manusia yang memadai
3.      Kondisi keamanaan Negara stabil
4.      Pendidikan politik rakyat
5.      Karakter para pemimpin bangsa
6.      Sistem Birokrasi yang di jalankan
7.      Kemajuan iptek
8.      Timbulnya politik aliran
2.      Gejala- gejala modernisasi di Indonesia
Pembangunan melalui modernisasi dilaksanakan di segala bidang. Diantara bidang- bidang itu antara lain :
a.       Bidang Ilmu pengetahuan dan teknologi
Modernisasi tidak dapat di lepaskan dari perkembangan iptek. Bahkan inti dari modernisasi adalah adanya kemajuan dan pemakaian iptek telah merambah dalam seluruh sector seperti pertanian, transportasi, kesehatan dan informasi. Hal ini lebih terlihat secara nyata dalam bidang informasi ( penyiaran ). Dewasa ini ada berbagai media informasi antara lain sebagai berikut :
1.      Media elektronik
2.      Media cetak
3.      Internet
Menurut Cyril Black, tanda- tanda masyarakat modern ialah tumbuhnya ilmu pengetahuan baru dan adanya kemampuan manusia dalam memahami rahasia- rahasia alam semakin meningkat dan dapat menerapkan pengetahuan dalam bidang kegiatan.
b.      Bidang ekonomi
Modernisasi ekonomi tidak lepas dari penggunaan teknologi, karena di dalam pengembangan produk- produk yang di hasilkan memerlukan pengetahuan dan teknologi yang tepat guna. Hal itu bertujuan agar tidak kalah dalam mengikuti persaingan global.
c.       Bidang sosial
Modernisasi dibidang sosial mempengaruhi kehidupan masyarakat, misalnya meningkatnya pengetahuan masyarakat baik di pedesaan maupun diperkoataan. Kemajuan diperkotaan menarik masyarakat pedesaan untuk melakukan urbanisasi, sehingga muncul industri, sedangkan masyarakat seperti jenis-jenis pekerjaan, pola konsumsi, mode pakaian, tempat tinggal, ikatan sosial, bentuk alat transdormasi.
d.      Bidang politik
Modernisasi dibidang politik khususnya di Indonesia adalah perubahan-perubahan pada sistem admisnistrasi pemerintahan yang baru dan pembentukan lembaga-lemaga politik yang dinamis.
v  Ciri-ciri modernisasi
Menurut Alex Inkelas. Ada sembilan elemen ciri manusia modern, yaitu:
a.       Kesediaan menerima pengalaman baru dan terbuka terhadapa perubahan.
b.      Mempunyai kesanggupan untuk membuat pendapat mengenai sejumlah persoalan.
c.       Mempunyai pandangan masa kini dan masa depan.
d.      Perencanaan dan pengorganisasian dianggap sebagai suatu yang wajar dalam hidupnya.
e.       Yakin bahwa dalam batas tertentu orang dapat menguasai alam bukan dirinya dikuasai alam.
f.       Tidak pasrah pada nasib.
g.      Sadar akan harga diri orang lain dan bersedia menghargainya.
h.      Mengetahui pada IPTEK.
i.        Percaya pada keadilan.
v  Aspek mental masyarakat modern meliputi:
1.      Bersikap rasional sesuai dengan realitas masyarakat.
2.      Alam dipandang sumber daya yang penting dalam kehidupan masyarakat.
3.      Memiliki jiwa keterbukaan.
4.      Memiliki sistem nilai budaya yang bercirikan: mengahargai karya orang lain

B.     Globalisasi
   Menurut Giddens dalam buku sosiologi. Globalisasi adalah proses peningkatan saling ketergantungan masyarakat dunia yang ditandai kesenjangan besar antara kekayaan dan tingkat hidup masyarakat industri dan masyarakat dunia ketiga.
Sebagai akibat dari globalisi agar bangsa dIndonesia tidak kehilangan jati diri dan kepribadiannya maka pengembangan budaya luar dan penerapan kemajuan IPTEK disesuaikan dengan nilai-nilai luhur budaya bangsa dan pandcasila dengan cara:
1.      Menolak masuknya nilai budaya luar dan kemajuan IPTEK yang bertentangan dengan nilai luhur budaya bangsa.
2.      Menyerap dan menerima masuknya nilai-nilai budaya luar yang positif yang tidak bertentangan  dengan nilai luhur budaya bangsa. Misalanya:
-          Sikap hidup gemar membaca dan menekuni IPTEK.
-          Sikap hidup menjungjung tinggi kesehatan dan kebersihan lingkungan hidup.
-          Sikap hidup mengutamakan penampilan dan berbusana rapi dan bersih.
-          Sikap hidup selalu forml dan tidak berbasa-basi.
-          Sikap menghargai waktu.
3.      Berusaha mengamalkan prinsip kehidupan modern yang sesuai dengan budaya bangsa dan falsafah bangsa yaitu pancasila.
Globalisasi merupakan satu proses untuk meletakkan dunia dibawah satu unit yang sama tanpa dibatasi oleh sempadan dan kedudukan geografi sesebuah negara Melalui proses ini, dunia akhirnya tidak lagi mempunyai sempadan dengan ruang udara dan langit sesebuah negara itu terbuka luas untuk dimasuki oleh pelbagai maklumat yang disalurkan menerusi pelbagai perantaraan media komunikasi seperti internet,media elektronik,dan teknologi siber. Perkembangan ini memungkinkan perhubungan diantara sesebuah negara dengan negara yang lain dan perhubungan sesama manusia dapat dilakukan dalam tempoh yang singkat.
Menurut Kamus Dewan globalisasi didefinisikan sebagai fenomena yang menjadikan dunia mengecil dari segi perhubungan manusia disebabkan kepantasan perkembangan teknologi maklumat. Manakala cediakawan barat mentakrifkan globalisasi sebagai satu proses kehidupan yang serba luas dan infiniti merangkumi segala aspek kehidupan seperti politik, sosial, dan ekonomi yang boleh dirasai oleh seluruh umat manusia didunia ini. Ini bermakna segala-galanya menjadi milik bersama dalam konsep dunia tanpa sempadan.
Dalam era globalisasi ini, dunia semakin dikecilkan ruangnya daripada yang asal. Jika dulu dunia ini seluas saujana mata memandang dan dipagari dengan sempadan-sempadan namun kini ia tidak berlaku lagi. Malah pada hari ini kita telah dapat merasakan apakah dia itu globalisasi. Ledakan teknologi maklumat yang pesat merupakan medium utama kepada agenda globalisasi ini.
Dunia bukan sahaja tidak bersempadan geografi tetapi pengaruh globalissasi menjangkau sempadan ekonomi,teknologi ,bahasa, budaya, ideologi, politik dan dari segenap aspek kehidupan sesebuah masyarakat.
Kerajaan Malaysia memberi keutamaan kepada globalisasi ekonomi. Disamping itu, ia memberi perhatian besar kepada globalisasi maklumat dan ilmu dan globalisasi saintifik serta teknologi Kesungguhan Kerajaan dalam menangani tiga jenis globalisasi ini jelas kelihatan pada berbagai-bagai bentuk wacana di peringkat nasional dan peringkat antarabangsa seperti dialog, seminar, persidangan dan forum dan juga pada penubuhan berbagai-bagai jenis institusi dan projek. Koridor Raya Multimedia (MSC) adalah simbol harapan serta kemegahan Malaysia dalam menyahut panggilan globalisasi.
Globalisasi juga merujuk kepada perpindahan nilai, terutamanya cara berfikir & gaya bertindak dari satu daerah dunia kpd daerah dunia yg lain. Globalisasi yang diberi erti luas ini adalah suatu hakikat yang tidak dapat dipertikaikan. Hakikatnya globalisasi itu sudah wujud sebelum istilah globalisasi diperkenalkan lagi. Fenomena globalisasi boleh dikiaskan sebagai gelombang yang melanda dunia.
v  Lodge (1993) mendefinisikan globalisasi sebagai:
"... a process forced by global flows of people, information, trade and capital. It is accelerated by technology, which is driven by only a few hundred multinational corporations and may be harmful to the environment. There in lies the conundrum of whether it is wise to leave globalization in the hands of these few corporations, or might it not make more sense to seek greater involvement from the global community.

Apakah impikasi serta kesan globalisasi terhadap:

(A) Ekonomi
Dalam globalisasi ekonomi, telah berlaku peningkatan dalam kebergantungan perniagaan terhadap ekonomi. Firma-firma dan perniagaan terus meningkat dan berlakunya peningkatan dalam pelaburan asing secara langsung di dalam aktiviti ekonomi sesebuah negara. Globalisasi ekonomi dapat di lihat melalui perluasan perusahaan melampaui sepadan negara .
Perspektif ini dapat dilihat melalui tiga tahap.
* Pertama ialah perusahaan antarabangsa yang mempunyai aktiviti diluar sempadan nasional dan meliputi eksport,import dan penghasilan bukan mentah.
* Kedua ialah perusahaan multi nasional, iaitu perusahaan yang menjalankan aktivitinya di berbagai negara.
* Ketiga ialah perusahaan global yang melihat ekonomi dunia sabagai satu. Perusahaan tersebut mendapatkan bahan mentah dan menjual barangan secara global.
Di samping perdagangan bebas, globalisasi ekonomi juga boleh dikaitkan dengan perkembangan syarikat-syarikat korporat di dunia. Syarikat-syarikat korporat juga menuju ke arah globalisasi. Telekom Malaysia Berhad juga mempunyai matlamat ke era globalisasi iaitu menjadi Syarikat bertaraf dunia "world class telecommunications"

(B) Teknologi
Kehidupan manusia di masa akan datang banyak bergantung kepada teknologi. Teknologi akan menjadi begitu canggih hinggakan komputer yang ada pada hari ini yang mempunyai sistem yang berubah dengan cepat dan laju. Era globalisasi yang sedang berlaku hari ini pasti akan memberikan peningkatan dan perubahan yang lebih ketara dalam bidang teknologi.
Antara bidang teknologi yang cepat maju dan canggih adalah bidang teknologi maklumat dan komputer. Bill gates (1996), peneroka bidang komputer yang terkenal, dapat memasarkan aplikasi keluaran Window ke serata dunia . Perkembangan teknologi yang begitu pesat pada masa ini di seluruh dunia memerlukan tindakan segera pembangunan sumber manusia untuk memberi latihan, pengetahuan dan kemahiran tentang teknologi maklumat, robotik dan sebagainya.Kehidupan manusia semakin banyak bergantung kepada komputer dan teknologi di era globalisasi hari ini
Pembangunan sumber manusia menjelang tahun 2000 akan mencapai nisbah tenaga manusia saintifik dan teknologi yang lebih tinggi daripada sekarang iaitu kira-kira 1000 bagi setiap sejuta penduduk di Malaysia.
 .Pengetahuan dan kemahiran pula akan berorientasikan gabungan disiplin teknikal, statistik dan berasaskan komputer. Gabungan disiplin ini akan melengkapkan tenaga manusia masa hadapan untuk mengendalikan teknologi baru dan yang akan muncul seperti teknologi pembuatan berautomasi, bahan-bahan terbaru, bio-teknologi, elektronik dan teknologi maklumat.
Di samping itu, kegiatan institusi pendidikan dan latihan akan ditumpukan ke arah menghasilkan kemahiran dalam bidang teknologi maklumat dan literasi komputer. Langkah kerajaan Malaysia membina Lebuh Raya Multi Media , Universiti Multi Media dan Pusat Pentadbiran Kerajaan Berelektronik yang kita telah maklum sekarang adalah langkah yang bijak untuk persediaan tenaga manusia yang akan menggunakan teknologi maklumat dalam tugas-tugas harian dan juga dalam kehidupan seharian nanti di dalam era globalisasi.

(C) Kebudayaan sebuah negara.
Kebudayaan merupakan cara hidup seharian manusia dalam sesebuah masyarakat atau organisasi. Pada zaman dahulu manusia dalam sesebuah masyarakat itu sanggup berperang kerana mempertahankan budaya hidup mereka yang dicemar atau dicerobohi oleh pihak lain. Bagaimana pun cara hidup manusia hari ini sudah banyak berubah dan menuju globalisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar